Promia Jepang | Japan Halal Forum and Expo 2013
132
post-template-default,single,single-post,postid-132,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-10.1,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive

Japan Halal Forum and Expo 2013

ditulis oleh  Dr. Danardono Dwi Antono (*)

Japan Halal Forum & Expo diselenggarakan untuk kali pertama di Jepang pada tanggal 25 Februari 2013 yang lalu. Penyelenggaraan Halal Forum & Expo kali pertama ini atas inisiatif NPO Nippon Asia Halal Association (NAHA) dan Halal Business Promotion (HBP) sebagai penyelenggara dan dilaksanakan di Acros Fukuoka Conference Hall, di kota Fukuoka di Pulau Kyushu di bagian barat Jepang.

Dalam Halal Forum kali ini, penulis bertindak menjadi pembicara mewakili NAHA mempresentasikan pengalaman NAHA dalam bidang Halal Certification dengan judul “Japan industry and Halal Business”. Selain itu, tampil sebagai pembicara lainnya, dari kalangan industri yaitu Mr. Yoshimura memperkenalkan suksesnya produksi produk halal perusahaannya yaitu Halal Dumpling (Gyoza). Juga ada presentasi dari kalangan akademik diantaranya Assoc. Prof. Nagaoka dari Kyoto University.

Selain itu, dalam Halal Forum ini, NAHA mengundang perwakilan dari JAKIM dan INHART dari Malaysia. Seperti sudah banyak diketahui JAKIM (Jabatan Kemajuan Islam Malaysia) adalah satu-satunya badan yang memiliki kewenangan untuk memberikan sertifikat Halal di Malaysia (http://www.islam.gov.my/). Sementara, INHART (International Institute for Halal Research and Training di International Islamic University Malaysia) adalah lembaga riset mengenai Halal di Malaysia (http://www.iium.edu.my/inhart)

Dalam forum kali ini juga, NAHA menandatangani MoU kerjasama dengan INHART yang diwakili pimpinannya Dr. Hamzah, Mohd. Salleh. INHART juga menyampaikan presentasi dengan judul “Tips on Getting Halal Certification”. Sementara JAKIM diwakili oleh Ms. Zuraini binti Yahaya menyampaikan presentasi dengan judul “Halal Certification: Malaysia’s Experience”.

Forum ini mendapat sambutan hangat dan dihadiri lebih dari 100 orang baik dari kalangan industry, pemerintah, maupun akademik. Harapan NAHA dalam forum ini, adalah kegiatan ini bisa mengakselerasi rencana pihak industry Jepang untuk memproduksi produk halal baik untuk dipasarkan di dalam negeri maupun untuk kebutuhan eksport.

Selain itu dalam session Expo, beberapa produk halal Made-in-Japan juga dipromosikan. Expo ini dikunjungi oleh lebih dari 500 orang.

halal1

Poster Acara

halal2

Penulis di Japan Halal Forum & Expo

halal3

Suasana Halal Expo

[Profil singkat]

Dr. Danardono Dwi Antono tinggal di Jepang sejak tahun 1995. Menyelesaikan pendidikan S1- S3 di The University of Tokyo, Electronics of Engineering, pada tahun 2001, 2003, dan 2006. Dr. Danardono sekarang bekerja di Sony Corporation sebagai SoC/LSI Design Engineer, dan memiliki aktivitas lain sebagai Chairperson pada organisasi NPO Nippon Asia Halal Association. Dia bisa dikontak di danardono@gmail.com.

No Comments

Post A Comment