Promia Jepang | Pengajian 19 Desember 2015
335
post-template-default,single,single-post,postid-335,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-10.1,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive

Pengajian 19 Desember 2015

Pengajian kali ini alhamdulillah diberikan kesempatan untuk mengundang pembicara dari kalangan profesional Jepang, yakni Ust. Salman Sugimoto. Isi acara dibawakan beliau yang menguraikan materi tentang profesional muslim dan diakhiri dengan sesi perpisahan dengan mas Bondan.

pp-kanto 19 desember 2015

Profesional Muslim

Dari sisi sikap, pada umumnya tidak ada perbedaan besar antara professional muslim dan non muslim, dimana sama-sama disiplin, menghargai waktu, dan lain-lain. Bahkan dalam ajaran Islam, ada sifat yang harus dimiliki setiap muslim yaitu ihsan, bersungguh-sungguh (professional) terhadap apa yang dilakukan baik urusan akhirat (ibadah) dan dunia. Namun setidaknya ada 2 perbedaan positif yang dimiliki umat muslim,

  1. Kimochi (niat) ketika bekerja.
    Bagi muslim bekerja tidak hanya semata-mata untuk mencari uang atau kepentingan pribadi saja, namun memiliki niat untuk beribadah kepada Allah SWT. Sehingga akan berupaya untuk memberikan manfaatnya untuk kepentingan lebih banyak. Sesuai dengan hadist “….Orang yang paling dicintai Allah SWT adalah kebahagiaan yang engkau masukkan kedalam diri seorang muslim atau engkau menghilangkan suatu kesulitan atau engkau melunasi utang atau menghilangkan kelaparan. …” (HR. Thabrani)
  2. Syukur /tawadhu dan Tawakkal (berserah diri).
    Bila sukses tidak terlalu bergembira dan sombong karena semuanya dari Allah SWT, tidak semata-mata usaha sendiri.  Dan bila gagal, tidak bersedih atau putus asa hingga bunuh diri, namun menyerahkan semuanya kepada Allah dan berupaya kembali.

Ust Salman juga menceritakan pentingnya sikap patuh terhadap perintah Allah SWT. Diinggat kembali kisah kaum bani Israel yang menolak ajakan pertama kali Nabi Musa atas perintah Allah SWT, untuk pindah karena rasa takut terhadap Firaun. Diajakan kedua, kaum bani Israel mau mengikuti ajakan nabi Musa dan atas kebesaran Allah SWT melalui nabi Musa, mereka bisa selamat pindah dan bahkan raja Firaun pun mati tenggalam ketika mengejar mereka. Kisah lainnya adalah Qabil dan Habil. Dimotori sifat ketidakpatuhan atas keputusan Allah, akhirnya Qabil membunuh Habil, namun akhirnya sedih dan menyesal karena telah membunuh saudaranya hingga tidak tahu bagaimana cara menguburkan saudaranya.

Dimana pun kita beraktifitas, janganlah meninggalkan kewajiban kita sebagai muslim, seperti sholat. Bila dikomunikasikan dengan baik, perusahaan Jepang kebanyakan akan memberikan keleluasaan untuk beribadah.

Di sesi diskusi, cukup banyak pertanyaan yang terlontar. Seperti bagaimana mengawali pembicaraan tentang Islam ketika mengajak orang Jepang makan, bagaimana memperbanyak fasilitas prayer room di Jepang, khususnya stasiun, dan tentang pendidikan moral di Jepang.

Di akhir diskusi, Ust Salman yang baru saja mengeluarkan buku, bercerita bahwa beliau terpilih untuk bisa belajar dibawah bimbingan Dr Zakir Naik mulai Februari 2016 nanti selama 3 bulan di Mumbai, India. Dan beliau akan memfokuskan dirinya untuk full berdakwah di Jepang, mengingat belum ada dai yang full berdakwah di Jepang.

Sesi Perpisahan

Setelah sesi diskusi dengan Ust Salman, ada sesi sharing dengan mas Bondan yang akan pindah ke Singapura. Mas Bondan yang sudah 15 tahun tinggal di Jepang, menekankan pentingnya tidak meremehkan zatsumu (pekerjaan di luar keahlian). Saat bekerja di perusahaan Jepang, kita pasti akan diamanahi juga pekerjaan di luar tugas utama, seperti mencatat hasil rapat, mempersiapkan dokumen, atau hal lainnya. Namun bila kita sungguh-sungguh melaksanakan zatsumu seperti tugas utama kita, akan banyak manfaat yang didapat untuk menopang tugas utama kita.

Bagi yang ingin menyimak lebih jauh silahkan simak video berikut ini.

Tags:
No Comments
  • Muhammad Joe Sekigawa
    Posted at 20:18h, 18 January Reply

    ワア~。いいですね。今からすぐ駅に行って、このユウツブをダウンロードします。

    インスピレーションがありがとうございました。

    大阪
    ジョコセテイアワン

Post A Comment