Promia Jepang | PROMIA & TICA 2020
941
post-template-default,single,single-post,postid-941,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-10.1,wpb-js-composer js-comp-ver-5.0.1,vc_responsive

PROMIA & TICA 2020

Assalamualaikum warrahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, pada 12 September 2020, PROMIA kembali berkontribusi secara langsung melalui sharing pengalaman mengenai profesional di Jepang melalui TICA, yaitu Tokyo Tech Indonesian Commitment Award yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh PPI Tokodai (Persatuan Pelajar Indonesia Tokyo Technology University) dengan program utama Paper Competition sejak tahun 2010.

Dikarenakan pandemi, tahun 2020 ini TICA diselenggarakan secara online dengan satu program baru yaitu VNE (Virtual Networking Event) dimana PROMIA mengirimkan satu perwakilan, mas Luthfi Yamin, sebagai profesional Indonesia yang bekerja di Jepang melalui rekrutmen langsung dari Indonesia. Acara VNE yang telah diselenggarakan pada 12 September 2020 kemarin dihadiri oleh sekitar 150 mahasiswa dari puluhan universitas di Indonesia. Selain itu selain perwakilan Promia ada juga perwakilan profesional alumni Tokodai dan perwakilan dari profesional akademisi.

Mas Luthfi Profesional Perwakilan PROMIA

Pada sesi pertama VNE selama 20 menit, Mas Luthfi yang saat ini telah bekerja selama 3 tahun di Pasona tech, Tokyo setelah lulus dari ITB, memaparkan info mengenai profesional Indonesia yang bekerja di Jepang yang terus mengalami peningkatan jumlah dari tahun ke tahun, persebaran lokasi dan background pendidikan secara umum yang bersumber dari infografis PROMIA. Lalu diikuti dengan sharing inti pengalaman bekerja di Jepang, sharing mengenai budaya kerja, ekspektasi dan kenyataan, hal positif negatif dan lika-lika lainnya mengenai kehidupan pekerja profesional di Jepang.

Pada sesi selanjutnya selama 30 menit, mas Luthfi juga mengikuti breakout session dimana mahasiswa bertanya secara langsung kepada pada narasumber. Semoga kontribusi PROMIA pada acara TICA dapat bermanfaat, menginspirasi dan membuka wawasan para mahasiswa Indonesia mengenai bekerja di Jepang.

No Comments

Post A Comment